Return to site

Merawat Ayam Bangkok Yang Luka Sehabis Mengikuti Sabung

Merawat ayam bangkok yang luka sehabis Mengikuti Sabung. Perawatan untuk ayam yang habis bertarung ini memerlukan perawatan yang serius. Hal ini karena pada ayam pun dipastikan mengalami luka luar. Lalu mungkin juga ada luka di bagian dalam yang tidak kita lihat dan ketahui. Setelah ayam di adu lalu di rawat dengan serius agar dapat dilakukan persiapan lagi untuk di laga selanjutnya diwaktu yang akan datang. Hal ini pun tergantung dari berapa lama masa untuk bisa melakukan pemulihan. Untuk kondisi luka yang luar dan kelelahan bisa mendapat kepulihan yang cepat agar bisa sehat kembali seperti sebelumnya.

Memelihara Ayam Adu Anda Setelah Di Adu

Perawatan Luka Bagian Luar

  • Untuk luka di bagian luar ayam anda perlu di bersihkan memakai antiseptik seperti betadine, revanol, obat merah, yodium. Atau dapat juga di bersihkan memakai bensin atau minyak tanah. Atau dapat juga di coba dengan albothyl , mediso tapi dengan harga yang lebih mahal dibanding yang lainnya.
  • Bila bagian luka ayam terus mengalir, maka coba di hentikan dahulu cairan nya dengan menggunakan bubuk kopi.
  • Jika untuk luka nya terbuka lebar karena sobek terkena taji lawan maka perlu di jahit. Apabila tidak di jahit ini mengakibatkan tak dapat lagi kembali seperti semula.
  • Selanjutmya untuk bagian luka luar ini di olesi dengan antibiotik alami ataupun obat antibiotik. Hal ini berguna agar bisa mempercepat dari penyembuhan luka serta menghindari infeksi. Dapat menggunakan antibiotik yang cair ataupun yang bubuk atau juga berbentuk pasta salep. Contoh na sepert oxytetcycline ataupun gentamicine.
  • Untuk antibiotik yang alami ini berupa kunyit biasa yang banyak di gunakan. Kunyit dapat di parut ataupun di giling lalu di oleskan ke semua bagian luka atau ke semua bagian ayam kulit tubuh. Mungkin saja di bagian tubuh lain nya ada memar memar yang tak terlihat. Jika luka nya cukup parah maka berikan salep atau juga kunyit ini secara lebih rutin. Dapat di oleskan 2x pagi dan sore tergntung dari anda.
  • Jika luka nya parah dan juga dalam contohnya terkena taji anda bisa memberi suntikkan antibiotik cair. Atau tablet antibotik amoxicilin yang di larutkan lalu oles di sekitar luka.

Perawatan Luka Dalam

Untuk antibiotik yang biasa umum dipergunakan seperti amoxicilin diberika dengan cara di telan 1 butir ke ayam tersebut. Ini bertjuan untuk bisa menyembuhkan luka yang dari dalam. Serta juga bisa mempercepat pada penyembuhan luka luar. Untuk bahan seperti kunyit jahe dan gula merah yang alami ini bisa juga menyehatkan tubuh. Serta mengantisipasti gangguan pencernaan seperti buang kotoran encer.

Perawatan Untuk Paruh Rusak

Apabila baru ayam anda ini goyang atau pun lepas, maka rapihkan dan pasang kembali dengan menggunakan benang yang di ikat ke jengger. Namun tentu sebelumnya perlu di bersihkan lebih dahulu di beri salep atau kunyit. Karena untuk paruh asli perlu wajib di pasang kembali, apabila tidak maka untu paruh pengganti akan tumbuh tak terarah. Lalu bisa jadi cacat pada bentuk paruhnya.

Perawatan Untuk Mata

Bila mata ayam anda pun ikut terkena taji atau pukulan, maka berilah cairan dari cabe yang warna merah. Air dari bahan cabe ini pun pasti sangat perih, namun dapat dengan cepat menyembuhkan luka. Bisa juga double perawatan dengan juga member salep antibiotik.

Perawatan Kaki dan Otot

Sebelum nya jangan lupa untuk melemaskan semua bagian otot ayam setelah di adu. Dimulai dari atas otor leher lalu bagian sayap, sampai dengan bagian paha serta juga kaki. Apalagi terutama di bagian kaki yang perlu di lemaska. Karena apabila tidak maka bisa jadi di hari besok besok nya kaki ayam akan jadi kaku dan tidak dapat berjalan. Seperti ini nanti akan timbul penyakit seperti tedun atau turun urat. Oleskan saja tidak perlu di urut pada bagian paha sampai kaki dengan bahan yang hangat. Ini berguna untuk memperlancar peredaran darah. Misalnya saja berupa parutan jage ataupun batang sereh. Jika anda mau gampang maka bisa juga gunakan GPU minyak urut.

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly